Pedoman INOBEL 2018

Posted by Tentang Pendidikan on Selasa, 23 Januari 2018

Pedoman INOBEL 2018
Informasi mengenai Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional (Pemula, Madya, dan Utama) akan Tentang Pendidikan bagikan pada kesempatan artikel ini, Guru sebagai tenaga professional berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warganegara yang demokratis dan bertanggung jawab. Guru diwajibkan melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan agar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.
Guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan inovasi guru dalam pembelajaran maka diperlukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan motivasi guru untuk selalu mengembangkan diri adalah melalui Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Lomba Inobel pada Tahun 2018 ini terbagi ke dalam tiga level yaitu Pemula, Madya dan Utama.
Pedoman Lomba Inobel Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018 ini disusun sebagai acuan pelaksanaan lomba bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Provinsi, Satuan Pendidikan dan Guru peserta lomba. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan pedoman ini.

DAFTAR ISI
BAB I Pendahuluan ................................................................................................. 1
A. Latar Belakang ................................................................................................. 1
B. Dasar Hukum .................................................................................................. 2
C. Tujuan .......................................................................................................... 2
D. Sasaran ........................................................................................................... 2
E. Hasil yang Diharapkan .................................................................................... 2
BAB II Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah ...................... 3
A. Pengertian ...................................................................................................... 3
B. Ketentuan Mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah 3
C. Proses Pelaksanaan ........................................................................................ 6
D. Prinsip-prinsip Lomba .................................................................................. 6
E. Panitia Penyelenggara .................................................................................... 7
F. Alur Kegiatan ................................................................................................ 7
G. Sistematika Penulisan Karya .......................................................................... 11
H. Penelitian ...................................................................................................... 14
I. Jadwal Kegiatan ............................................................................................. 15
BAB III Penutup .................................................................................................... 17
Lampiran-lampiran .................................................................................................... 18

Latar Belakang
Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam merealisasikan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 41 ayat (3) adalah dengan memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu merupakan pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global melalui pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Oleh karena itu perlu dikembangkan program atau kegiatan yang dapat menstimuli guru dalam mengembangkan pembelajaran yang aktif, inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan jaman. Pemerintah sebagai regulator perlu untuk menyelenggarakan kegiatan yang mampu mendongkrak semangat berinovasi bagi guru.
Baca juga Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Tahun 2017
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 14, ayat (1), huruf d menyatakan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi guru Jenjang Pendidikan Menengah tersebut dapat dilaksanakan melalui berbagai upaya, salah satu diantaranya yaitu lomba inovasi pembelajaran.

Lomba Inovasi Pembelajaran dipandang menjadi sangat penting dan diperlukan karena hal ini akan memacu guru-guru untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi. Lomba Inovasi Pembelajaran diyakini dapat menggerakkan, menyemangati, dan mendorong guru untuk meningkatkan prestasi dan pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Berkenaan dengan hal itu, Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen GTK, Kemdikbud melaksanakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Penyelenggaraan lomba tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan profesionalisme guru sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, mewujudkan lulusan yang bermutu, produktif, kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing global.
Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional ini terbagi dalam tiga level lomba yaitu Inobel Pemula, Inobel Madya dan Inobel Utama. Lomba Inobel Pemula ditujukan bagi peserta yang belum pernah sama sekali atau belum pernah masuk sebagai finalis dalam lomba Inobel. Lomba Inobel Madya ditujukan bagi peserta yang pernah ikut menjadi finalis pada lomba Inobel. Lomba Inobel Utama ditujukan bagi para Juara 1, 2 dan 3 dari berbagai macam lomba yang diselenggarakan oleh Keharlindung Dikmen. Selengkapnya mengenai Informasi Pedoman INOBEL ini, dapat Bapak dan Ibu download melalui link berikut ini:
Unduh Pedoman Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional (Pemula, Madya, dan Utama) Terbaru 2018

Klik Bagikan sebelum Download

Demikian Pedoman INOBEL 2018 yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda, serta dapat melengkapi Administrasi Gurunya untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 23, 2018

0 komentar:

Posting Komentar